Tuesday 15 August 2017

Menjaga Kesehatan Usus


Kesehatan dalam kehidupan kita sehari sangat lah penting kita harus pandai menjaga kesehatan organ -organ tubuh ,baik dalam tubuh maupun luar bagian tubuh yang sangatlah penting  kita selalu menjaga organ pencernaan kita terutama menjaga kesehatan usus ,di dalam usus pencernaan sebaik nya menjaga dengan pola makanan yang sehat mulai dari makanan yang berserat,minum air sebanyak-banyak nya minimal 8 gelas perhari agar proses pencernaan lebih lancar.

Menjaga kesehatan usus yang banyak kita perhatikan dalam konsumsi makanan,hindarilah makanan yang mengandung  bahan pengawet.zat kimia hal semua ini dapat menyebabkan usus pencernaan tak sehat dan menimbulkan penyakit usus.

Cara menjaga kesehatan usus:

1. Makan makanan berserat

Dengan pola makanan yang berserat dapat melancarkan pencernaan dalam usus ,sebaik nya kita juga harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi sehari hari hal ini juga sangat membatu peranan peting menjaga kesehatan usus dan mencegah timbul nya penyakit sembelit ,kanker usus penyebab semacam ini akibat kurang serat dalam tubuh.

2. Pola makanan yang teratur

Menjaga pola makanan yang teratur agar pencernaan usus maupun asam lambung yang memproses makanan lebih lancar fungsi lambung dan usus untuk memproses hasil makanan yang kita konsumsi lebih kecil dan halus.jika pola makan tidak teratur ini akan menyebabkan asam lambung yang meningkat akan menyebabkan penyakit maag.


3. Konsumsi air sebanyak nya 

Konsumsi air dengan pas ukuran dengan 8 gelas perhari agar peredaran pencernaan lebih lancar secara alami sebaik nya dilakukan dengan rutin agar usus tetap sehat.

4.Konsumsi buah dan sayuran

 - Lemon dengan kaya vitamin lemon juga dapat membatu kesehatan usus ,vitamin c antioksidan      dapat menjaga dari bakteri maupun racun di dalam usus dan membantu pencernaan.

- Alpukat jenis buah dengan serat yang tinggi yang dapat membantu pencernaan dan baik untuk kesehatan di dalam besar.

- Yoguth  merupakan jenis minuman yang beredar di pasaran yang juga aman untuk kesehatan usus yang mengandung bakteri sehat sehingga membuat pencernaan lebih lancar konsumsi secara rutin saja.

- Sayuran sangat penting bagi tubuh kita untuk konsumsi sehari-hari sayuran hijau seperti  sawi.bayam dan lain-lain sangat membantu untuk kesehatan usus.

- Buah pisang buah kaya vitamin juga baik untuk usus juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pencernaan lebih baik.

5. Hindari makanan  terlalu pedas

 Alangkah baik nya kita menghindari dari makanan yang lebih pedas hal ini dapat menyebabkan timbul nya penyakit dan masalah bagi lambung maupun usus dalam pencernaan  gejala yang akan timbul adanya rasa sakit pada perut kurangi lah makan makanan lebih pedas.

Agar usus kita semakin sehat kita di wajibkan asupan karbohidrat yang cukup contoh nya konsumsi sayuran salat dengan tambahan ketang rebus ini juga sangat baik untuk kesehatan usus dan jangan lupa sebaik nya kita menghindari asupan karbohidrat yang berlebihan contoh nya konsumsi air minuman yang mengandung banyak soda ada baik nya minum air putih saja setiap hari.